Bukan Sekedar Olahraga, Penuhi 5 Elemen Penting

Ternyata agar olahraga yang kita laksanakan dapat bermanfaat dengan baik, perlu memperhatikan lima elemen penting. Jadi tidak sembarang olahraga, saja, berkeringat, capek..cukup. Berikut ini lima latihan itu menurut para ahli dari Mayo Clinic.

1. Latihan aerobik (kardio)
Latihan aerobik menyebabkan kita bernapas lebih cepat dan dalam, sehingga memaksimalkan jumlah oksigen dalam darah. Semakin baik latihan aerobik, semakin efisien kerja jantung, paru-paru dan pembuluh darah dalam membawa oksigen ke seluruh tubuh. Jalan kaki, joging, bersepeda, menari, menyapu, dan mengepel termasuk olahraga aerobik.

2. Latihan beban
Latihan beban dua kali seminggu bermanfaat meningkatkan kekuatan tulang dan otot, selain menjaga massa otot dalam program penurunan berat badan. Anda bisa memakai alat saat latihan push-up, abdominal crunches, dan squat. Alternatif lain adalah memanfaatkan botol plastik diisir air atau pasir.

3. Peregangan
Latihan aerobik dan beban menyebabkan otot berkontraksi dan fleksibel. Peregangan memperbaiki jangkauan gerakan persendian dan membuat postur jadi lebih baik. Peregangan yang dilakukan teratur juga membantu meringankan stres. Latihan yoga juga bersifat meregangkan dan meningkatkan fleksibilitas tubuh.

4. Stabilitas core
Otot-otot di perut, punggung bawah dan panggul dikenal sebagai otot pusat atau core, membantu melindungi punggung dan menghubungkan gerakan tubuh atas dan bawah. Latihan stabilitas ini bisa dilakukan dengan crunches atau dengan bola fitnes.

5. Latihan keseimbangan
Kesimbangan cenderung memburuk ketika tubuh menua, akibatnya mudah jatuh. Cobalah untuk berdiri dengan satu kaki untuk memperbaiki keseimbangan selama satu menit. Tingkatkan tiga menit dan terus tambah. Latihan taichi, body balance, dan yoga bermanfaat menjaga keseimbangan.
Sumber: kompas.com

  • Share

Sobat sedang membaca postingan berjudul Bukan Sekedar Olahraga, Penuhi 5 Elemen Penting dengan url http://sehatzblog.blogspot.com/2010/01/bukan-sekedar-olahraga-penuhi-5-elemen.html, jangan lupa untuk berikan komentar terbaik sobat mengenai Bukan Sekedar Olahraga, Penuhi 5 Elemen Penting.

 
Powered by Blogger