KETAHUILAH INILAH PENYEBAB DIARE PADA SAAT HAID

KETAHUILAH INILAH PENYEBAB DIARE PADA SAAT HAID
Sama dengan Keputihan, hal yang satu ini juga hanya dimiliki dan kelebihan dari wanita. Datang bulan atau lebih keren disebut Menstruasi, yang datang setiap bulannya terkadang tidak hanya menimbulkan kram perut, tapi gangguan pencernaan seperti diare atau konstipasi. Kenapa bisa begitu?

Masalah pencernaan yang timbul seperti diare, konstipasi atau perut kembung saat menstruasi sangat berkaitan erat. Hal ini karena saat menstruasi terjadi pergolakan hormon sepeti estrogen dan progesteron yang lebih rendah. Gangguan hormon inilah yang menjadi pemicu segala gejala yang muncul saat menstruasi.

Hormon progesteron ini akan meningkat setelah masa subur (ovulasi) dan menurun secara perlahan-lahan hingga ke tingkat yang rendah untuk memicu menstruasi. Setelah menstruasi dipicu, zat kimia prostaglandin akan dilepaskan oleh tubuh yang menyebabkan rahim berkontraksi untuk melepaskan lapisan dinding rahim.

Seperti dikutip dari MedicineNet.com, Sabtu (20/11/2010) kadar prostaglandin yang berlebih bisa menyebabkan kram rahim dan rasa tidak nyaman. Kadar prostaglandin yang tinggi ini menyebabkan peningkatan kontraksi dna motilitas otot polos pada saluran pencernaan yang bisa menyebabkan diare, sembelit, perut kembung dan gangguan pencernaan lainnya.

Beberapa perempuan mengalami masa sembelit atau diare yang berbeda, ada yang terjadi sejak sebelum menstruasi dan selesai pada hari pertama menstruasi. Tapi ada juga yang terjadi saat menstruasi hingga hari ketiga. Hal ini karena adanya perbedaan tingkat hormon di setiap tubuh perempuan.

Studi lain menemukan perempuan yang memiliki sindrom iritasi usus (irritable bowel syndrome/IBS) kemungkinan lebih besar mengalami gangguan pencernaan selama menstruasi dibandingkan dengan perempuan tanpa masalah di ususnya.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi gejala yang muncul sebelum atau saat mentruasi, seperti mengubah pola makan dengan mengonsumsi banyak serat, biji-bijian dan sayuran, membatasi asupan garam, gula, alkohol, kafein dan makanan pedas.

Selain itu cobalah untuk mengelola dan mengurangi stres dengan teknik relaksasi, yoga atau meditasi serta olahraga. Karena jika kadar stres berkurang akan membantu sistem pencernaan menjadi lebih lancar, sehingga dapat mengurangi gangguan pencernaan sebelum atau selama menstruasi.

Bagaimana, sudah paham penyebab diare pada saat haid? Semoga bermanfaat
[detikhealth.com]

  • Share

Sobat sedang membaca postingan berjudul KETAHUILAH INILAH PENYEBAB DIARE PADA SAAT HAID dengan url http://sehatzblog.blogspot.com/2010/11/ketahuilah-inilah-penyebab-diare-pada.html, jangan lupa untuk berikan komentar terbaik sobat mengenai KETAHUILAH INILAH PENYEBAB DIARE PADA SAAT HAID.

 
Powered by Blogger