10 CARA MENCEGAH BATUK PILEK

Cara Mencegah Batuk Pilek
10 Cara Mencegah Batuk Pilek. Bukannya harga mati untuk 10 Cara Mencegah Batuk Pilek yang akan sehatzblog share kali ini, namun ini merupakan hasil pencarian melalui mr.google dan pengalaman pribadi dalam mencegah si " Batuk Pilek ". Walaupun terkadang jebol juga..hehehe. Soo.. Bila ada yang berkenan buat menambahkan 10 Cara Mencegah Batuk Pilek silahkan lewat kolom komentar ya...

Sebelum melangkah ke Cara Mencegah Batuk Pilek, perlu diketahui bahwa Batuk pilek merupakan penyakit yang paling sering dialami oleh masyarakat dan sangat mudah menyebar, terutama untuk anak-anak. Umumnya batuk pilek menyebar melalui tetesan bakteri atau virus yang terbang di udara. Diperkirakan ada sekitar 200 jenis virus yang bisa menyebabkan kondisi ini. Orang dewasa akan mengalami pilek sekitar 2-5 kali dalam setahun, sedangkan anak-anak bisa 5-10 kali dalam setahun. Coba hitung.. bener ga?

[baca juga: Makanan Penangkal penyakit, Seputar Fakta dan Mitos Penyakit rematik dan 5 Penyakit yang Paling Menular]

1. Cuci Tangan
Banyak Faedah untuk kebiasaan yang satu ini. Virus flu kebanyakan disebarkan melalui kontak langsung, karenanya menjadi hal yang paling penting untuk rajin mencuci tangan dengan sabun atau larutan anti bakteri dan air mengalir. Serta hindari pula menggosok mata atau hidung jika belum mencuci tangan.

2. Banyak Minum Air Putih
Ini merupakan salah satu resep dari orang tua yang cukup paten. Biasanya bila sudah ada tanda2 akan batuk pilek usahakan perbanyak konsumsi Air Putih, lebih baik lagi bila di minum hangat.

3. Berhenti merokok dan hindari asap rokok
Asap rokok yang terhirup bisa mengiritasi tenggorokan sehingga akan memperparah gejala yang muncul. Pengalaman dan sharing juga menunjukkan bahwa perokok berat akan mengalami sakit flu yang lebih parah.

4. Bawalah tisu saat bepergian
Simpanlah tisu yang bisa digunakan saat berada di tempat umum atau disekitar orang lain, serta menjaga jarak dengan orang yang memiliki gejala-gejala batuk pilek. Tiga hari pertama merupakan waktu yang paling menular.

5. Bila Memungkinkan lakukanlah sauna
Ketika sauna maka seseorang akan menghirup udara panas lebih dari 80 derajat celsius. Suhu ini akan terlalu panas bagi virus untuk bertahan hidup. Tapi jangan terlalu lama melakukan sauna untuk menghindari efek sampingnya.

6. Istirahat yang cukup
Stres dan kurang istirahat bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh sehingga lebih mudah tertular penyakit. Istirahatlah yang cukup dan usahakan agar tidak kurang tidur. Karena ketika tidur, otak akan beristirahat dan tubuh mengisi ulang energi serta melawan setiap infeksi.

7. Mengonsumsi makanan tertentu
Sayuran berdaun hijau seperti bayam dan buah-buahan yang kaya vitamin seperti jeruk bisa memberikan nutrisi dan vitamin yang membantu tubuh melawan infeksi serta meningkatkan kekebalan tubuh. Beberapa makanan diketahui bermanfaat untuk mengatasi batuk seperti bawang mentah berguna menghilangkan dahak, akar kunyit untuk batuk kering dan secangkir jus anggur yang dicampur 1 sendok teh madu disarankan untuk mengatasi batuk.

8. Menghindari makanan junk food
Mengonsumsi makanan junk food bisa membuat tubuh menjadi lemah dan rentan terhadap penyakit. Karena itu hindari makanan ini tapi gantilah dengan sayuran dan buah-buahan untuk kekebalan tubuh yang lebih baik.

9. Melakukan aromaterapi
Prinsip dari aromaterapi adalah menghirup aroma yang berbeda-beda. Dengan menghirup suatu uap bisa efektif mencairkan lendir dan mengurangi iritasi, serta menghirup minyak esensial dapat menstimulasi paru-paru untuk mengusir dahak.

10. Melakukan olahraga
Olahraga secara teratur bisa membuat tubuh mendapatkan udara segar dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Coba dech terapkan 10 Cara Mencegah Batuk Pilek di atas pasti batuk pilek akan menghindar :)

  • Share

Sobat sedang membaca postingan berjudul 10 CARA MENCEGAH BATUK PILEK dengan url http://sehatzblog.blogspot.com/2011/04/10-cara-mencegah-batuk-pilek.html, jangan lupa untuk berikan komentar terbaik sobat mengenai 10 CARA MENCEGAH BATUK PILEK.

 
Powered by Blogger