Ini Dia 7 Snack Sehat yang Wajib Dikonsumsi

Ngemil Sehat-SehatzblogSambil ngemil sambil kerja asyik juga, akan tetapi jika sudah sibuk terkadang membuat susah untuk mencari makanan yang memenuhi standar gizi. Padahal setidaknya ada 7 jenis zat gizi mikro yang seharusnya menjadi asupan kita sehari-hari. Memang akan sedikit sulit mengingat-ingat jenis zat gizi ini, karena itu akan lebih mudah jika Anda mengenali snack yang mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan ini.

1. Kalsium
Ingin gigi tetap kuat dan tulang tidak rapuh? Anda bisa mengonsumsi yogurt tawar, keju rendah lemak, dan setangkup kacang almond. Agar tidak bosan, campurkan yogurt dalam menu jus Anda, atau keju pada salad Anda, dan kacang almond ke dalam cokelat.

2. Potassium
Butuh cadangan energi dengan cepat? Anda bisa mendapatkannya pada buah melon oranye, jeruk, dan pisang. Makanlah sebagai buah segar, atau campurkan sebagai salad buah.

3. Magnesium
Magnesium menjaga tulang tetap padat dan kuat. Mineral ini bisa didapat dari biji gandum dan biji labu. Jika Anda suka minum susu, campurkan susu dengan biji gandum atau oatmeal. Bahkan jika Anda suka ngemil kuaci, Anda bisa menggantikan dengan kuaci dari biji labu untuk pilihan yang lebih sehat.

4. Serat
Sering sembelit? Pasti karena Anda kekurangan serat. Serat bisa diperoleh dari buah-buahan atau sayuran apa saja. Sayur atau buah yang crunchy seperti apel dan timun juga bisa menggantikan gorengan yang biasa Anda makan sore hari.

5. Vitamin A
Semua tentu tahu bahwa vitamin A bagus untuk mata. Vitamin A biasanya terdapat pada makanan yang berwarna cerah, seperti wortel, tomat, atau mangga.

6. Vitamin C
Kurang vitamin C kulit bisa kusam dan kering. Jeruk, strawberry, buah kiwi, bahkan pisang (pisang mengandung vitamin C, lho!) bisa jadi kudapan sehat. Kandungan vitamin C pada buah kiwi bahkan melebihi buah jeruk. Satu buah kiwi dalam sehari telah mencukupi kebutuhan vitamin C orang dewasa. Selain itu kiwi juga mengandung folat yang tinggi.

7. Vitamin E
Nah, ini rahasia kulit yang lembap dan mulus. Beberapa jenis makanan yang mengandung vitamin E antara lain kacang-kacangan (kacang tanah, almond, selai kacang), buah kiwi, mangga, alpukat, brokoli, dan bayam.
Sumber: kompas.com

  • Share

Sobat sedang membaca postingan berjudul Ini Dia 7 Snack Sehat yang Wajib Dikonsumsi dengan url http://sehatzblog.blogspot.com/2010/02/ini-dia-7-snack-sehat-yang-wajib.html, jangan lupa untuk berikan komentar terbaik sobat mengenai Ini Dia 7 Snack Sehat yang Wajib Dikonsumsi.

 
Powered by Blogger